Tips

Yang Dilupakan Ketika Menata Dapur

Berbicara tentang penataan dapur memang seakan tiada habisnya. Area ini sering dilupakan penataannya, namun disisi lain menjadi jantung bagi kehidupan penghuni. Berbagai cara pun dilakukan agar dapur tak lagi menjadi tempat yang tak terjamah keindahan. Tak hanya memikirkan keindahan, faktor keamanan dan kenyamanan pun memegang peranan penting untuk menata dapur. Namun tak bisa dimungkiri, tetap ada hal-hal yang luput dari perhatian karena dianggap sepele padahal juga memegang peranan untuk membuat dapur semakin nyaman, seperti:

Bila ada jendela di ruang dapur,letakkan tempat mencuci piring di bawahnya sehingga saat anda mencuci pun bisa "dihibur" dengan pemandangan di luar jendela.

Jangan letakkan peralatan elektronik di bagian sudut meja dapur karena hal tersebut dapat menghambat hawa panas yang keluar. Pastikan bahwa ventilasi udara dan cahaya sudah memadai untuk menciptakan dapur yang sehat, mengingat area ini memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga memudahkan timbulnya jamur. Namun tidak sedikit pula ditemukan dapur yang hanya bagaikan kotak tertutup, tanpa bukaan jendela yang cukup. Udarapun menjadi panas dan tidak nyaman untuk menikmati proses memasak. Untuk menyiasati hal ini, memasang exhaust fan bisa dijadikan pilihan untuk membantu mengusir udara lembab.

Jangan letakkan kompor di bawah jendela yang memiliki gorden karena tidak menutup kemungkinan gorden tersebut tersambar api.

Untuk memaksimalkan area dapur yang sempit, bisa disiasati dengan meletakkan barang-barang yang berukuran besar dan tinggi di bagian ujung. Pertimbangkan peletakan listrik dan kabelnya agar tetap terhindar dari suhu panas yang ditimbulkan dari berbagai barang elektronik di dapur. Penataan kabel listrik ini harus dilakukan dengan saksama agar tidak mudah terciprat air dan mudah terjadi hubungan arus pendek.

Apabila memiliki area dapur yang cukup luas, tak ada salahnya untuk meletakkan area memasak di tengah ruangan dan menghadap ke ruang tengah seperti yang kerap ditemui di rumah makan Jepang, di mana tamu bisa melihat langsung proses memasak. Dengan begini, sambil memasak Anda tetap dapat memperhatikan anak yang sedang bermain, terutama bila memiliki anak yang masih kecil.

Sumber : Kompas

TipsINDEX

  


 

Copyright ©2016 PT. Caturkarda Depo Bangunan. All rights reserved.