Tertarik Beli Wastafel? Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Pertimbangkan untuk Rumah Impianmu

Tertarik Beli Wastafel? Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Pertimbangkan untuk Rumah Impianmu

Wastafel merupakan salah satu perabotan rumah yang memiliki fungsi penting. Banyak aktivitas di dalam rumah yang mengandalkan perabotan wastafel ini, seperti mencuci tangan, mencuci muka, menggosok gigi, serta hal lainnya.

Namun, saat hendak membeli wastafel, khususnya wastafel kamar mandi, tidak cukup hanya membeli wastafel berdasarkan harga maupun penampilannya. Karena, ada beberapa faktor lainnya yang perlu diperhatikan. Pilihlah wastafel yang berkualitas dan yang dapat memenuhi sesuai kebutuhan.

Supaya tidak salah beli. Alangkah baiknya perhatikan dahulu hal - hal ini, agar mendapatkan wastafel yang tepat untuk keluarga tercinta

  1. Sesuaikan Bentuk / Desain Dengan Rencana Penempatan

Hal pertama yang harus perhatikan adalah pemilihan bentuk atau desain wastafel, pilihlah bentuk atau desain yang sesuai dengan sudut rumah yang akan di pasang wastafel. Wastafel secara umum berbentuk oval dan persegi, silahkan pilih sesuai kebutuhan dan kesesuaian tempatnya.

Setelah menentukan bentuk atau desain wastafel, selanjutnya tentukan jenis wastafel mana yang cocok. Pemilihan jenis wastafel bertujuan untuk menyesuaikan dengan konsep rumah, sehingga terlihat selaras. 

Berikut adalah jenis-jenis wastafel :

  1. Wastafel UndermountwastafelJenis wastafel ini terkesan unik karena pada wastafel ini tidak akan menemukan pinggiran wastafel pada meja kamar mandi. Pinggiran dari jenis wastafel ini didesain sejajar dengan meja sehingga terlihat sangat menyatu. Cara untuk mengukur area bawah meja agar bisa menentukan dimensi wastafel undermount ini bisa dilakukan dengan cara menyesuaikan ukuran lebar dan panjang potongan meja.

     

    Dimensi potongan meja juga perlu disesuaikan atau dilebihkan sedikit dari dimensi eksterior wastafel. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan ukuran wastafel ideal seperti diantaranya panjang, lebar dan kedalaman wastafel. Selain itu, ukuran dari dimensi mangkuk juga perlu disesuaikan untuk mendapatkan pemasangan wastafel yang sesuai.

      1. Wastafel Vessel
        Wastafel vessel Wastafel vessel (Sumber : Unsplash)

         

  2. Sesuai dengan namanya, wastafel ini memang dipasang diatas kabinet atau meja. Ciri khas menarik wastafel ini yaitu bentuknya yang menyerupai mangkuk sehingga bisa menambah keunikan dari dekorasi kamar mandi. Untuk bisa mendapatkan kenyamanan dalam penggunaan wastafel ini perlu mempertimbangkan ketinggiannya. 

    Tinggi dari wastafel ini biasanya menyesuaikan tinggi mejanya yang rata-rata sekitar 75 cm – 90 cm. Untuk mendapatkan ukuran yang lebih pas sebenarnya pembuatan desain meja dan wastafel ini bisa disesuaikan dengan tinggi pengguna kamar mandi. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa ukuran dari wastafel ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan penggunanya.

  3. Wastafel Pedestal
    Salah satu ciri dari wastafel yang satu ini yaitu mampu berdiri sendiri karena memiliki tumpuan yang kokoh. Untuk penempatan yang pas wastafel ini bisa diletakkan di sisi kamar mandi agar terlihat menarik. Penggunaan wastafel pedestal perlu menentukan ukuran wastafel yang pas untuk ruangan. Untuk wastafel jenis ini, ukuran tinggi yang disarankan adalah 70 cm – 85 cm.

    Untuk ukuran ruangan yang tidak terlalu luas atau minimalis biasanya memang cocok menggunakan jenis wastafel satu ini karena tidak akan merusak tampilan ruangan. Peletakan wastafel yang pas juga perlu diperhatikan, karena akan memberikan tampilan yang estetik. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan desain kamar mandi dengan matang agar dapat memberikan kesan yang nyaman pada saat membasuh muka, sikat gigi, serta aktivitas lainnya.

    1. Pastikan Ukurannya Sesuai

    Setelah mendapatkan tempat yang pas, juga perlu mempertimbangkan ukuran wastafel, agar tampilan wastafel seimbang dan menawan, penting untuk menyesuaikan ukuran wastafel dengan luas ruangan. Jika memiliki kamar mandi yang luas, pilihlah ukuran wastafel yang besar dan sebaliknya. Agar lebih akurat, bisa ukur terlebih dulu luas tempat yang nantinya ingin ditempatkan untuk wastafel

    1. Material Wastafel

     Wastafel atau sink digunakan untuk membasuh sebagian anggota badan, mencuci bahan makanan, mencuci piring dan gelas, sampai mengambil air. Mengingat wastafel akan banyak bersentuhan dengan air, maka material yang dipilih harus benar-benar bisa diandalkan. 

  4. Ada beberapa material wastafel yang paling sering ditawarkan yaitu:

    1.Kaca

    Kaca adalah material wastafel yang cukup banyak digunakan untuk wastafel kamar mandi. Tepatnya diletakan diatas meja rias atau meja lainnya. Wastafel ini sering menggunakan kaca jenis tempered glass yang yang dikenal tidak mudah pecah. Dari segi warna, selain warna bening, saat ini juga mulai banyak wastafel kaca dengan berbagai macam warna. Namun kekurangan wastafel ini harus sering di bersihkan agar tidak kusam.

    2.Keramik / Porselen

    Keramik atau porselen adalah bahan yang cukup umum dipakai untuk wastafel, baik dapur maupun kamar mandi. Ia biasanya dibuat dari campuran clay dan beberapa filler lain agar lebih tahan banting apalagi saat nanti akan   beradu dengan barang pecah belah lainnya di dapur.

    Keramik adalah pilihan yang cukup terjangkau dari segi harga. Warnanya pun tidak hanya putih, ada beberapa warna lain yang bisa mendukung kreasi. Keramik juga cenderung tahan dengan bahan-bahan pembersih abrasif seperti cuka. Namun, ia bisa saja retak dan menyisakan stain atau noda terutama di bagian sekitar lubang saluran air bila berkarat.

    3.Silgranit

    Silgranit adalah bahan yang mulai dilirik belakangan ini. Ia terbuat dari campuran granit dan akrilik yang kemudian diberi pewarna. Ini menciptakan tampilan yang solid, modern, mulus, tetapi tak seberapa licin dibandingkan keramik. Ia tahan banting seperti batuan, tetapi lebih mudah dibersihkan karena adanya tambahan coating yang menutup pori di lapisan terluarnya. Untuk memilikinya, kamu harus menyediakan dana yang tak sedikit. Ia juga tidak bisa dibersihkan menggunakan sembarang bahan kimia abrasif dan asam.

    Bahan kaca (kiri), bahan keramik (tengah), bahan silgranit (kanan)  (Sumber : Dok Depo Bangunan dan Freepik)

    Itu dia beberapa tips “cara memilih wastafel yang pas dan ideal”. Di Depo Bangunan ada banyak sekali model dan jenis wastafel ada yang bentuk kotak, oval, bulat, dan lainnya.

    Di Depo bangunan tidak hanya wastafel, disini juga tersedia berbagai macam toilet, mulai dari toilet jongkok sampai duduk, mulai dari monoblok sampe two blok, serta tersedia juga berbagai macam jenis bathup dan shower box

    Dapatkan produk-produk untuk kebutuhan wastafel hanya di Depo Bangunan. Karena selain lengkap dan berkualitas produk-produknya, belanja di Depo Bangunan juga banyak untungnya.

    Belanja di Depo Bangunan, supermarket bahan bangunan yang lengkap, nyaman dan murah!

whatsapp